Top 5 Mitos tentang Vaksin Flu



Health Specialist - Apakah Anda memahami cara terbaik melawan virus influenza (flu)? Jawabnya Mendapatkan vaksinasi flu. sebaliknya mengenai vaksin flu terdapat beberapa mitos. Pada tulisan ini, kita akanmembahasnya secara tuntas. Inilah 5 mitos tentang vaksinasi flu serta kebenaran mengenai vaksinasi flu.

Pertama, hanya orang yang sakit wajib mendapatkan vaksin flu.

Itu jelas tidak benar! Sebenarnya, siapa pun yang berusia diatas 6 bulan wajib  menerima vaksinasi flu. Ya, meski Anda dalam keadaan sehat sekalipun. Karena flu dapat menyeang siapa saja. Diantaranya, anak yang berumur dibawah 2 tahun, wanita hamil, orang dewasa, anak-anak atau orang dewasa yang mengidap sakit asma, diabetes, CHF, penyakit jantung kongenital, atau COPD).

Kedua, Vaksin flu mampu mengakibatkan anda terserang flu.

Tidak benar! Vaksin flu tidak bisa menyebabkan penyakit flu. Namun, hal itu bisa menimbulkan efek samping ringan. Misalnya, orang yang divaksinasi akan merasa sakit. Orang yang divaksinasi dengan vaksin semprot hidung mungkin akan mengalami hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. 

Efek samping ini bukan virus influenza. Jika mengalami hal tersebut, biasanya hanya akan berlaku selama satu hingga dua hari, dan hari berikutnya cenderung akan merasa lebih nyaman.

Ketiga, Anda akan sembuh lebih cepapat dari flu bila tidak menggunakan vaksin flu 

Belum tentu! Influenza bisa menjadi sakit yang serius dan siapa saja bisa menjadi sakit flu serta mengalami komplikasi serius. 

Mungkin anda sangat cepat untuk sembuh dari flu, namun bagi orang yang berada di sekitar anda baru akan mnderita flu akibat tertylar dari anda dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. 

Orang tua, anak kecil, wanita hamil, dan orang dengan kondisi medis serius berisiko tinggi terkena flu. Bahkan orang dewasa yang aktif dan sehat pun sangat memungkinkan terserang flu dan menyebarkannya ke orang lain. Beberapa orang juga bisa terkena flu dan tidak menunjukkan gejala. 

Keempat, Anda tidak membutuhkan vaksi flu saat berada di tengah-tengah orang

Tidak benar!  Untuk mencegah cara terbaik terhindar dari flu adalah mendapatkan vaksinasi sebelum flu mulai menyebar. Dibutuhkan sekitar dua minggu vaksin flu untuk memberikan perlindungan penuh, jadi semakin cepat Anda mendapatkan vaksinasi, semakin besar kemungkinan Anda terlindungi sepenuhnya dari tertularnya flu yang diderita seseorang pada lingkungan interaktif anda.

Kelima,  Anda benar-benar aman terkena flu selesainya terkena flu

Belum tentu! Bahkan apabila Anda menerima vaksin flu, ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin masih terkena flu atau gejala seperti flu:

  • Anda terkena flu sebelum Anda divaksinasi.
  • Anda terkena flu sebelum vaksin mulai berlaku.
  • Anda mungkin pernah terpapar virus influenza yang sangat berbeda dengan virus yang termasuk dalam vaksin tahun itu.


Lantas seberapa lama vaksinasi flu mampu bekerja dalam tubuh manusia, hal ini bisa berfariasi tergantung pada siapa vaksin itu diberikan.








0 komentar