Haruskah Kawatir dengan Wabah Flu?


Health Specialist - Anda bisa membaca atau mendengar kabar bahwa ada wabah flu yang terjadi, tapi tahukah anda apa artinya? Bagaimana pejabat kesehatan masyarakat menentukan bahwa tingkat flu cukup tinggi untuk menyatakan epidemi? Dan bagaimana perbedaannya dari pandemi?

Epidemi vs Pandemi

Epidemi dalam istilah medis juga disebut wabah penyakit dan didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai "kejadian kasus penyakit yang melebihi harapan masyarakat tertentu, wilayah geografis atau musim tertentu.

Wabah dapat terjadi di wilayah geografis yang dibatasi atau mungkin diperluas di beberapa negara. Ini bisa berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu, atau beberapa tahun lagi. "

Sebaliknya, pandemi adalah wabah penyakit global .

Selama pandemi flu, strain baru influenza yang bermutasi muncul dan menyebabkan wabah penyakit di seluruh dunia. Wabah pandemi ini biasanya berlangsung setahun atau lebih dengan dua atau tiga puncak penyakit, yang bertentangan dengan beberapa bulan bahwa wabah flu musiman menyebabkan penyakit.

Apa Artinya Saat Epidemi Flu Dinyatakan?

Ketika Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan flu berada pada tingkat epidemi di Amerika Serikat, ini berarti bahwa persentase orang dengan flu telah meningkat secara signifikan lebih tinggi daripada tingkat yang biasanya terlihat di masyarakat. Tingkat ambang epidemi berbeda minggu. Persentase dihitung berdasarkan rata-rata pada minggu yang sama selama 5 tahun sebelumnya.


Misalnya, ketika CDC mengumumkan bahwa flu telah mencapai tingkat epidemi untuk minggu yang berakhir pada tanggal 20 Desember 2014, 6,8% dari semua kematian yang dilaporkan melalui 122 Cities Mortality Reporting System disebabkan oleh pneumonia atau influenza. 6,8% adalah ambang epidemi untuk minggu ke 51 tahun ini, yang berarti flu pada tingkat epidemi.

Minggu berikutnya ambang epidemi meningkat menjadi 6,9% namun persentase kematian yang dilaporkan tetap sebesar 6,8%, yang berarti berada tepat di bawah ambang batas epidemi untuk minggu ke 52 tahun ini.

Haruskah Anda Khawatirkan Wabah Flu?

Kematian flu musiman mencapai tingkat epidemi hampir setiap tahun. Jumlah waktu yang dihabiskan di atas ambang epidemi dan seberapa tinggi di atas ambang batas tarif bervariasi sangat bervariasi akibat musim flu. Bila strain flu lebih parah dan vaksinnya tidak sesuai dengan strain influenza yang beredar, tingkat epidemi flu mungkin lebih tinggi daripada tahun-tahun lainnya.

 
Terlepas dari status epidemi, flu adalah penyakit serius yang setiap orang harus mengambil langkah-langkah yang harus dihindari. Dapatkan vaksin flu tahunan Anda , sering cuci tangan dan lakukan langkah-langkah untuk menjaga diri dan keluarga Anda tetap sehat sepanjang musim dingin dan flu .

0 komentar