Yang Harus Anda Ketahui Tentang H3N2 Flu


Anda mungkin pernah mendengar istilah H3N2 dalam berita atau membacanya secara online. Tapi kemungkinan Anda tidak tahu banyak tentang apa itu dan bagaimana hal itu berbeda dari jenis flu lainnya. Siapa pun yang berada di sekitar tahun 2009 mungkin akrab dengan H1N1 - jenis flu yang menyebabkan pandemi terakhir dan jutaan orang yang sakit di seluruh dunia. Tapi H3N2 sedikit berbeda.

Apa itu H3N2 Flu adalah subtipe influenza A?

Meski mereka beberapa jenis influenza , hanya influenza A yang kemudian dipecah menjadi subtipe. Subtipe ini sebenarnya dipecah lebih jauh karena diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berdasarkan:
  1. Host asal (jenis hewan di mana virus pertama kali diidentifikasi - babi, burung, dll; untuk asal manusia, tidak ada host yang terdaftar)
  2. Asal geografi (lokasi / kota tempat virus pertama kali diisolasi)
  3. Nomor strain
  4. Tahun isolasi
  5. Setiap tahun ada varian influenza yang menyebabkan penyakit pada musim flu. Virus tersebut bermutasi, sehingga sulit untuk memprediksi mana yang akan membuat orang sakit setiap tahun atau bahkan seberapa parah musimnya.
Ketika petugas WHO memilih jenis influenza untuk dimasukkan ke dalam vaksin flu tahunan, mereka memilih dua jenis influenza A (satu varian H1N1 dan satu varian H3N2) dan satu atau dua strain influenza B. Sebagian besar vaksin flu mengandung tiga strain dari influenza tapi vaksin quadrivalent dan vaksin semprot hidung, Flu Mist , mengandung empat (dua strain influenza B, bukan satu).


Baca :
Haruskah Kawatir dengan Wabah Flu? 

Strain ini dipilih selama 6 bulan sebelum musim flu dimulai karena membutuhkan waktu lama untuk memproduksi dan menyiapkan vaksin untuk distribusi.

Apa yang Diharapkan dari H3N2

Meskipun gejala flu biasanya serupa tidak masalah strain influenza, sejarah telah menunjukkan bahwa musim di mana H3N2 influenza A adalah strain dominan yang lebih parah.

Dari tahun 2003 sampai 2013, tiga musim flu yang didominasi oleh H3N2 strain flu memiliki tingkat kematian tertinggi - menyebabkan kematian lebih rata-rata dibandingkan tahun lainnya (tidak termasuk flu pandemi H1N1 2009 ).


Baca :
Pengaruh Flu Pada Ibu Hamil

Pada awal musim flu 2014-2015, versi mutakhir H3N2 menyebabkan sebagian besar flu di Amerika Serikat. Virus yang bermutasi berbeda dengan strain H3N2 influenza A yang termasuk dalam vaksin musim itu. Sayangnya itu berarti vaksin tersebut tidak memberikan banyak perlindungan terhadap flu seperti yang seharusnya. Namun, itu tidak berarti tidak bekerja sama sekali .

Tidak peduli strain influenza apa yang beredar setiap tahun, Anda perlu tahu apa yang diharapkan dari flu. Apakah itu disebabkan oleh H3N2 influenza A atau strain lain, gejala flu biasa meliputi:
  1. Pegal-pegal
  2. Demam
  3. Sakit kepala
  4. Sakit tenggorokan
  5. Batuk
  6. Kelelahan
  7. Kemacetan kecil
  8. Muntah dan Diare - jarang terjadi, terjadi lebih sering pada anak-anak
Diagnosa dan Pengobatan H3N2 Flu
 
Hanya penyedia layanan kesehatan Anda yang bisa mendiagnosa Anda terkena flu . Diagnosis dibuat berdasarkan gejala yang Anda alami, pemeriksaan fisik dan terkadang tes flu cepat yang dilakukan dengan menggunakan sapu hidung atau tenggorokan.

Jika penyedia layanan kesehatan Anda menentukan bahwa Anda terkena flu, perawatan dapat bervariasi tergantung pada usia Anda, kesehatan secara keseluruhan dan lamanya Anda sakit.

Anda mungkin diberi resep obat antiviral (seperti Tamiflu atau Relenza) yang dapat membantu memperpendek tingkat keparahan gejala atau durasi penyakit Anda. Namun, obat ini paling efektif jika dikonsumsi dalam 48 jam pertama sejak timbulnya gejala, jadi jika Anda sudah sakit lebih lama dari itu, penyedia Anda mungkin memutuskan bahwa meminumnya tidak akan benar-benar menguntungkan Anda. Anda mungkin juga diberi tahu bahwa Anda tidak memerlukan obat antiviral jika Anda tidak berisiko tinggi mengalami komplikasi flu .

Bahkan tanpa obat antiviral, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda merasa lebih baik . Mengambil alih obat untuk meringankan gejala Anda, banyak istirahat dan minum banyak cairan adalah hal penting yang dapat Anda lakukan untuk memberi tubuh Anda kesempatan untuk pulih kembali.



Baca :
Top 5 Mitos tentang Vaksin Flu 

Mengambil antibiotik tidak akan membantu kecuali jika Anda memiliki infeksi bakteri sekunder karena antibiotik tidak membunuh virus.

Sebuah Kata dari Verywell mengenai H3N2 Flu

Influenza adalah virus yang sulit. Ini sangat sering berubah sehingga sulit untuk mengidentifikasi dan mengobati dan bahkan lebih sulit mengembangkan bulan vaksin sebelum musim flu. H3N2 merupakan salah satu subtipe virus influenza yang sering menimbulkan penyakit yang berarti. Bila itu adalah strain dominan yang menyebabkan penyakit pada tahun tertentu, musim flu tersebut seringkali lebih parah. Penting untuk mengambil langkah untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari flu setiap tahun, tidak masalah ketegangan yang membuat orang sakit.

0 komentar